Minggu, 30 Oktober 2011

Akuntansi Biaya 1


TUJUAN DAN RUANG LINGKUP AKUNTANSI BIAYA

Akuntansi biaya merupakan bidang khusus akuntansi yang berkaitan terutama dengan akumulasi dan analisis biaya untuk penentuan harga pokok produk yang dihasilkan, serta untuk membantu manajemen dalam perencanaan, pengendalian,dan pengambilan keputusan.
Dalam pengelolaan perusahaan, akuntansi biaya merupakan bagian penting ilmu akuntansi dan telah berkembang menjadi tool of  management, yang berfungsi menyediakan informasi biaya bagi kepentingan manajemen untuk tujuan :
A.     Penentuan harga pokok
Dalam penentuan harga pokok, biaya-biaya dihimpun menurut pekerjaan (job), bagian-bagian (departemant), atau dirinci lagi menurut pusat-pusat biaya (cost pools), produk, dan  jasa.
B.     Perencanaan Biaya
Perencanaan merupakan suatu usaha untuk merumuskan tujuan dan menyusun program operasional yang lengkap termasuk pula proses penentuan strategi yang disusun untuk jangka panjang dan jangka pendek. Akuntansi biaya menyediakan informasi biaya yang dapat membantu manajemen dalam membuat keputusan dan merumuskan strategi untuk masa yang akan datang antara lain mengenai:
1.      Harga jual dan volume penjualan
2.      Profitabilitas dari produk
3.      Pembelian
4.      Pengeluaran barang modal
5.      Perluasan pabrik

C.     Pengendalian biaya
Pengendalian merupakan usaha manajemen untuk mencapai tujuan yang telah diterapkan dengan melakukan perbandingan secara terus –menerus antara pelaksanaan dan rencana.
D.     Dasar untuk pengembalian keputusan yang khusus
Akuntansi biaya memberikan informasi biaya yang berbeda agar dapat dibandingkan dengan pendapatan dari berbagai tindakan alternatif  yang diambil manajemen.
Berdasarkan informasi ini maka manajemen dapat membuat keputusan-keputusan perencanaan yang menyangkut masalah-masalah khusus, seperti:

1.      Membuat produk baru
2.      Menghentikan atau meneruskan suatu produk tertentu
3.      Menerima atau menolak pesanan-pesanan tertentu
4.      Membeli atau membuat sendiri
5.      Menjual langsung atau memproses lebih lanjut.
Perbedaan Akuntansi Keuangan dan Akuntansi Manajemen
Tujuan utama akuntansi adalah menyajikan informasi yang berguna kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengambil keputusan ekonomi. Pengguna akuntansi dibagi menjadi dua golongan, yaitu:
1.      Pengguna internal
Yaitu pihak manajemen yang membuat keputusan-keputusan yang secara langsung akan mempengaruhi operasi perusahaan.
2.      Pengguna eksternal
Yaitu pihak diluar perusahaan seperti kreditor, pemegam saham, pemerintah yang membuat keputusan mengenai hubungan mereka dengan perusahaan.

Berdasarkan pengelompokan pengguna informasi akuntansi, bidang akuntansi dapat dibedakan atas dua bidang utama adalah sebagai berikut:
Akuntansi manajemen
Merupakan bidang akuntansi yang berhubungan dengan pelaporan keuangan untuk pengguna internal yang merupakan pihak yang mempunyai banyak kepentingan dengan sistem akuntansi.
Akuntansi Keuangan
Akuntansi keuangan merupakan bidang akuntansi yang menyajikan informasi keuangan yang terutama ditujukan kepada pengguna eksternal.
Ada lima aspek perbedaan yang utama antara akuntansi keuangan dan akuntansi manajemen yaitu
1.      Pemakai laporan
2.      Setandar penilaian
3.      Perspektif atau cakupan informasi
4.      Sifat dari laporan
5.      Jenis informasi
Periode laporan
Laporan keuangan untuk kepentingan pihak eksternal disusun secara periodik, baik untuk interim atau pada akhir tahun. Informasi biaya untuk kepentingan internal disiapkan sesuai kebutuhan pimpinan perusahaan dan jangka waktunya dapat menjadi fleksibel, bisa harian, mingguan, bulanan atau tahunan.


Stuktur Organisasi Perusahaan
Fungsi lini dan fungsi staf
Dalam suatu organisasi perusahaan umumnya ada tiga kelompok manajemen, sebagai berikut:
1.      Kelompok manajemen puncak
2.      Kelompok manajemen menengah
3.      Kelompok manajemen bawah/operasi
Fungsi lini adalah fungsi-fungsi dalam organisasi yang berkaitan dengan masalah  pengambilan keputusan, bimbingan atau pengarahan dan supervisi. Fungsi staf adalah fungsi-fungsi penunjang dalam organisasi yang berkaitan dengan pemberian nasihat dan supervisi kepada anggota-anggota dari fungsi lini.
Struktur Organisasi
Ada dua jenis bagan organisasi yang digunakan dalam akuntansi biaya,
Bagan organisasi lini perusahaan
Melukiskan arus wewenang dari pemegang saham sampai ketingkat manajemen operasi.
Bagan organisasi fungsi perusahaan
Melukiskan hubungan antara posisi spesialis dengan sub fungsi lainnya didalam perusahaan.

Peran Kontroler dalam Perencanaan dan Pengendalian
Peran kontroler dalam perencanaan perusahaan
Dalam pelaksanaan anggaran, kontroler berfungsi sebagai koordinator dengan memberi nasehat-nasehat dan saran agar tercapainya tujuan perusahaan.
Peran kontroler dalam pengendalian manajemen perusahaan
Pengendalian merupakan upaya untuk mengadakan perbandingan secara terus-menerus antara pelaksanaan atau hasil yang sesungguhnya dengan program-program atau anggaran yang telah disusun dan dengan segera melakukan tindakan perbaikan atas penyimpangan yang berarti atau terhadap kegagalan yang dialami untuk memenuhi hasil yang hendak dicapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar