Minggu, 30 Oktober 2011

Akuntansi Biaya 5


METODE HARGA POKOK

Persediaan Barang Dalam Proses Awal Periode
Dalam metode harga pokok proses, ada dua metode akuntansi untuk penentuan harga pokok yang biasanya dipergunakan terhadap biaya dari persediaan barang dalam proses awal periode.
1.      Metode harga pokok rata-rata tertimbang
2.      Metode harga pokokmasuk pertama keluar pertama (FIFO)
Metode Rata-rata Tertimbang                        
Dalam metode ini, harga pokok perunit dari produk selesai merupakan biaya perunit rata-rata tertimbang, yaitu jumlah biaya dari barang dalam proses awal ditambah biaya periode yang berjalan dibagi dengan produksi ekuivalen.
Dalam laporan PT RATIH pada bab 4, persediaan barang dalam proses akhir bulan januari dicantumkan sebagai persediaan barang dalam proses bulan Februari. Dengan mengambil data dari laporan biaya produksi bulan januari, maka data untuk persediaan barang dalam proses awal bulan Februari adalah sebagai berikut.

Dept. Pemotongan
Dept. Perakitan
Jumlah unit dalam proses awal periode
Biaya dari dept. Sebelumnya
Bahan baku
Tenaga kerja langsung
Overhead pabrik
Jumlah biaya
8.000

                7.600.000
4.360.000
4.080.000
16.040.000
4.000

12.240.000
  3.408.000
  3.144.000
18.792.000

Data tersebut diatas selanjutnya akan digunakan dalam penyusunan laporan biaya produksi laporan biaya produksi ulan Februari untuk kedua departemen produksi, yaitu departemen pemotongan dan departemen perakitan. Data ini juga digunakan dalam ilustrasi laporan biaya produksi dengan menggunakan metode FIFO.
Metode FIFO
Dalam menentukan harga pokok biaya per unit dari produk yang selesai, metode ini mengadakan pemisahan penghitungan antara biaya per unit yang berasal dari persediaan dalam proses awal periode dan biaya per unit produk yang dimasukkan dalam proses dan selesai dalam periode yang berjalan. Sesuai dengan nama metode ini pertama masuk pertama keluar, maka perhitungan biaya perunit yang pertama  dilakukan adalah atas unit ysng selesai yang berasal dari persediaan barang dalam proses awal periode dan berikutnya dilakukan  erhitungan atas unit yang dimasukkan dalm proses periode berjalan dan selesai pada periode tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar